Pempek Palembang

pempek palembang variasiPempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. Tapi tetap palembang lah asal mulanya.

Penyajian pempek palembang ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang ditambah gula merah, garam, udang ebi,  bawang putih, dan cabe rawit tumbuk, yang kemudian dimasak. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. Pelengkap dalam menyantap makanan khas ini adalah irisan timun segar dan mie kuning.

Jenis pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng. Ada juga yang lain seperti pempek ada’an, pempek lenjer, pempek pistel, pempek kulit ikan, pempek keriting, dan pempek telur kecil.

Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang. Pempek dijual dimana-mana di Palembang, ada yang ada yang dipikul, ada yang dipinggir jalan, dan juga menjual di restoran. Disemua kantin sekolah/kampus/tempat kerja pasti ada yang menjual pempek.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih. Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan toman, putak, dan bujuk. Jenis ikan laut dipakai juga seperti Tenggiri, parang-parang, Kakap Merah, ikan sebelah, dan ekor kuning.

Pempek Palembang – Testimoni

Makan Pempek itu mengingatkan akan kampung halaman… – Anna Hasinah, OKI (Ogan Komering Ilir)

Waktu saya lagi susah, saya makan Pempek, waktu saya lagi senang, Pempek juga yang saya makan… Rasa Pempek itu bisa menghibur hati saya yang sedih dan menambah keceriaan waktu kita lagi senang… ya gituu deeeh… – Badra Alexander, Palembang

Selain enak, Pempek itu yang penting ya cuka nya harus enak juga, kalau cuma Pempek nya aja, masih kurang afdol, cuka nya itu harus pedas dan pas… – Rudi Soraya, Lubuk Linggau

Pempek yang enak itu yang banyak ikan nya lah, kalau banyak tepungnya, gak wangi dan rasanya juga kurang mantap, tapi kalau ikannya banyak dan pasti yang bikinnya sudah pengalaman pasti jadinya lezaaaaat, tapi gak sama dengan somay lho ya… – Firdaus S., Bandung

Pempek yang paling gue suka itu Pempek Adaan yang bentuknya bulet kayak bola pingpong, menurut gue rasanya lebih gurih dibanding yang laen, apa karena digoreng ya…ga tau juga. – Sherina Hasan, Jakarta

Pempek Palembang sih gak ada yang ngalahin rasanya, tapi ampun deh, susah nyarinya kalau di luar negeri, ngarep ada yang ngirim dari Palembang, kalo yang Jakarta punya, beda rasanya ooy… – Catherine Sihombing, Medan, Tokyo.

Rasanya mantap dan lezat, pengen belajar bikinnya tapi gak sempet2, hehehe, gak niat kali yah, paling nitip temen aja yang ada di Palembang kalo dy lagi dateng kesini… – Karina, Surabaya

Pempek Palembang – Caro Makannyo  cak Wong Kito

Pempek Palembang kebanyakan dimakan tanpa digoreng oleh wong kito (orang Palembang). Berbeda dengan cara orang Jakarta atau daerah Jawa lainnya yang biasanya menggoreng semua jenis Pempek ini. Sesungguhnya Pempek Adaan, Lenjer kecil, telur kecil, keriting itu biasanya sudah siap makan ketika disajikan, alias tidak perlu digoreng lagi. Untuk Pempek Adaan, kalau mau digoreng lagi, tinggal memanaskan minyak dan hanya digoreng sebentar saja.

Selain itu, biasanya cuko tidak dicampur ke mangkok, biasanya menggunakan wadah kecil / mangkok kecil untuk mencelupkan Pempek yang sudah ditusuk garpu. Lalu setelah Pempek masuk ke dalam mulut, sambil mengunyah, bisa menyeruput cuko dari mangkuk kecil tadi…waaaaahhhh, teraso iwaknyo…. Namun hati-hati bagi yang tidak biasa makan cuko banyak, kalau mengkonsumsi seperti ini bisa mules… Hehehehehe…

Harga Pempek Palembang satuan dan paket

Pempek Adaan          Rp 3.000

Pempek Lenjer Kecil Rp 3.000

Pempek Telor Kecil   Rp 3.000

Pempek Tahu              Rp 3.000

Pempek Kulit               Rp 3.000

Pempek Lenjer Besar Rp 27.500

Pempek Telor Besar / Kapal Selam Rp 15.000

Paket A terdiri dari 20 Pempek kecil campur sesuai keinginan anda seharga Rp 57.500

Paket B terdiri dari 35 Pempek kecil campur sesuai keinginan anda seharga Rp 100.000

Paket C terdiri dari 50 Pempek kecil campur sesuai keinginan anda seharga Rp 140.000

Paket D terdiri dari 75 Pempek kecil campur sesuai keinginan anda seharga Rp 206.500

Paket E terdiri dari 100 Pempek kecil campur sesuai keinginan anda seharga Rp 270.000

Anda bisa mengkombinasi pesanan Pempek anda, antara Paket dan satuan, namun untuk Pempek Lenjer besar dan Telor Besar hanya dapat anda pesan dengan sebelumnya memilih Paket A/B/C/D/E terlebih dahulu.

Ukuran Pempek kami lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan Pempek lain karena kami menjaga kualitas ikan dan porsi sajian kami. Anda dijamin puas setelah mencoba Pempek kami.

Harga diatas belum termasuk ongkos kirim yang dapat dicek melalui www.jne.co.id (dengan memilih paket YES), isikan kota asal nya Palembang dan isikan kota tujuan dengan kota tempat anda tinggal.

Packing kami terjamin, mempertahankan rasa dan aroma Pempek yang khas Palembang, coba dan buktikan sendiri

paket pempek 1

 

 

 

 

 

 

paket pempek 2

 

 

 

 

 

 

paket pempek 3

 

 

 

 

 

 

Pempek yang diberi tepung sagu, tinggal dicuci dengan air bersih dan kemudian disimpan dalam freezer, saat mau dimakan tinggal dikeluarkan dari freezer, dikukus boleh, atau direbus lagi juga boleh (pastikan air sudah mendidih sebelum Pempek dimasukkan dalam air), kalau mau digoreng lagi juga boleh, tergantung selera anda.

resi jne pempek palembang

 

Inilah bukti kiriman kami ke berbagai area di Indonesia (satu hari sampai).

Ayo, tunggu apalagi, segera buktikan kenikmatan selera nusantara dari negeri sendiri.

 

 

 

Untuk Order Pempek Palembang, Silakan Isi Form Dibawah Ini dan Kami akan Email Total Biaya (Pempek+Ongkos Kirim) dan No Rek Kami

Nama Anda
:
Email
:
No Handphone
:
Alamat Pengiriman (baris 1)
:
Alamat Pengiriman (baris 2)
:
Kota/Kabupaten
:
Kode Pos
:
Propinsi
:
Yang di Order
:
Catatan Tambahan
:
Masukkan Kode Dibawah
(tanpa spasi)
:
 
captcha
 

Jika ada kesulitan dalam order melalui form di atas, silakan hubungi customer service kami via :

SMS : +6285210918855
BBM : 21DF5830
Email : indonesiaonlineshopping@gmail.com